perusahaan dengan bisnis



Keterkaitan antara Perusahaan dengan Bisnis

1. Perusahaan
   1.1 Pengertian Perusahaan
         Perusahaan adalah organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia. Kegiatan produksi dan distribusi dilakukan dengan menggabungkan berbagai factor produksi, yaitu manusia,alam dan modal. Kegiatan produksi dan distribusi umumnya dilakukan untuk memperoleh laba. Namun, ada juga kegiatan produksi yang tujuannya bukan untuk mencari laba. Seperti yayasan sosial, keagamaan, dll. Hasil suatu produksi dapat berupa barang dan jasa.

   1.2  Bentuk Badan Usaha yang Utama
   1. Perusahaan Perseorangan , yaitu perusahaan yang keseluruhannya dimiliki oleh perseorangan.
   2. Persekutuan (Firma dan CV), yaitu perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih dengan adanya suatu perjanjian yang ada diantara mereka.
   3. Perseroan Terbatas , yaitu badan hokum terpisah yang dibentuk berdasarkan hokum dimana pemiliknya dibagi dalam bentuk saham-saham.
  
   1.3  Garis Besar Perusahaan
   Garis Besar perusahaan dapat di golongkan  menjadi :
   1. Perusahaan Jasa (service firm) yaitu perusahaan yang kegiatannya menjual jasa. Contohnya adalah kantor akuntan, kantor pengacara, Salon, dll.
   2. Perusahaan Dagang (merchandising firm) yaitu perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi dan menjualnya kembali tanpa melakukan pengolahan terhadap barang  tersebut. Contohnya Dealer, Toserba, toko kelontong,dll.
   3. Perusahaan Manufaktur/ Pabrik/ Industri (manufacturing firm) yaitu perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi dan kemudian menjual barang jadi tersebut. Contohnya adalah pabri sepatu, pabrik roti, dll.

2. Bisnis
  2.1 Pengertian Bisnis
         Bisnis menurut pandangan ekonomi adalah sebuah organisasi dengan tujuan menjual barang dan jasa kepada pembeli atau usaha lainnya dengan tujuan mendapatkan laba keuntungan laba keuntungan. Dalam bahasa inggris adalah business dasar katanya adalah busy yang yang dalam bahasa indonesianya adalah sibuk. Sehingga bisnis dapat diartikan menjadi seseorang atau banyak orang yang mengerjakan sebuah pekerjaan atau kesibukan yang mendatangkan keuntungan.
         Bisnis dalam pandangan etimologi adalah dimana sebuah organisasi yang sibuk bekerja untuk menghasilkan keutungan. Ada tiga penggunaan yang dipakai pada kata bisnis sesuai dengan tujuan dan harapannya masing-masing, yang pertama bisnis bisa dipandang adalah sebuah badan usaha, yang kedua bisnis bias dipandang hanya sebagai ekonomis, dan yang ketiga bisnis bisa dipandangkan di sector pasar.

   2.2 Jenis-jenis Bisnis
   1. Monopsoni
         Bisnis monopsoni ialah suatu keadaan dimana satu pelaku usaha sedang menguasai penerimaan suatu pasokan atau menjadikan pembeli tunggal dari jasa dan barang didalam suatu pasar komoditas. Bisnis monopsoni ini sering terjadi dan terdapat di daerah industri dan perkebunan, sehingga posisi untuk tawar menawar didalam harga buat petani ialah nonsen.
   2. Monopoli
   Monopoli berasal dari bahasa yunani yaitu monos adalah satu polein yang artinya menjual. Monopoli merupakan salah satu bentuk pasar yang hanya ada penjual tunggal. Untuk menentukan hatga penjualn atau harga pasar tersebut adalah penjual tunggal yang disebut dengan monopolis.
   Sebagai penetu harga jual atau beli pasar (price-maker), pelaku monopolis bisa menurunkan atau menaikan harga menggunakan cara menentukan jumlah besarnya produksi. Bila produksi yang di keluarkan sedikit maka harga yang di tentukan akan semakin mahal dan sebaliknya apabila produksi yang di keluarkan semakin banyak maka harga yang akan ditentukan semakin murah.
  

   3. Oligopoli
   Oligopoly merupakan pasar yang dimana sebuah penawaran satu tipe barang yang dikuasai beberapa perusahaan. Pada umumnya jumlah dari perusahaan lebih dari 2 namun kurang dari 10. 
   Di dalam pasar Oligopoli, distiap perusahaan memposisikan sebagai salah satu bagian yang terkait oleh permainan pasar, dimana sebuah laba yang mereka dapatkan tergantung dari pesaing mereka. Sehingga seluruh produk terbaru akan di promosikan melalui iklan hanya untuk mengenalkan sebuah produk terbaru mereka.
   4. Oligopsoni
   Oligopsoni merupakan suatu keadaan dimana dua atau lebih seorang pelaku usaha yang dimana menguasai penerimaan sebuah pasukan atau menjadikan pembeli tunggal atas jasa dan barang didalam pasar komoditas.
  
   2.3 Lingkungan Bisnis
   1. Lingkungan mikro , yaitu mencakup aspek kegiatan perusahaan dimana kegiatan lingkungan mikro meliputi : manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen pemasaran.
   2. Lingkungan ekternal mikro
         - Konsumen : berperan penting terhadap keberadaan suatu perusahaan, menciptakan sebuah produk ditujukan untuk konsumen, sehingga terlihat jelas pengaruh dan kesinambungan.
         - Pesaing : keberadaan pesaing dapat menimbulkan peluang serta ancaman bagi peusahaan.
         - Supplier : perusahaan melakukan proses produksi dengan menggunakan berbagai bahan baku yang didapatkan dari pemasok. Kelancaran aktifitas sangat bergantung pada keberadaan pemasok .
   3. Ruang eksternal makro
   a. Faktor ekonomi :  siklus ekonomi, gejala inflasi dan deflasi, kebijakan moneter, neraca pembayaran
   b. Faktor Teknologi : perubahan teknologi membawa memengaruh terhadap perkembangan perusahaan diantaranya dalam pelaksanaan operasional perusahaan dengan mengggunakan mesin teknologi terbaru serta dalam pelaksanaan promosi.
  
   c. Faktor pemerintah : perubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dan merupakan peluang bagi perusahaan dan dapat pula hambatan.
   d. Faktor sosial : sosial adalah kebiasaan dan nilai-nilai sosial lingkungan masyarakat, khusunya langganan dan karyawan.
   e. Faktor politik : kekuatan politik dan pebedaan ideologi
  

3. Kesimpulan
        Pertumbuhan perusahaan sangat terpengaruh oleh bisnis, terutama lingkungan bisnis. Lingkungan tersebut mencakup lingkungan umum (makro) dan lingkungan khusus (mikro). Dari  masing-masing lingkungan tersebut memiliki faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perusahaan.


Sumber :
Chalouiss.blogspot.in/2012/09/pengertian-dan-bentuk-perusahaan-atau.html?m=1
www.perpustakaandigital.net/2014/07/pengertian-bisnis.html?m=1             
Deni28.blogspot.com/2011/09/pengaruh-lingkungan-bisnis-terhadap.html?m=1
Sitirahmawatii.blogspot.in//2011/09/pengaruh-lingkungan-bisnis-terhadap.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wesel Bayar

Palm OS

Pengembangan Struktur Etika Korporasi