perusahaan dengan bisnis
Keterkaitan
antara Perusahaan dengan Bisnis
1. Perusahaan
1.1 Pengertian
Perusahaan
Perusahaan adalah organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok
orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi
kebutuhan ekonomis manusia. Kegiatan produksi dan distribusi dilakukan dengan
menggabungkan berbagai factor produksi, yaitu manusia,alam dan modal. Kegiatan
produksi dan distribusi umumnya dilakukan untuk memperoleh laba. Namun, ada
juga kegiatan produksi yang tujuannya bukan untuk mencari laba. Seperti yayasan
sosial, keagamaan, dll. Hasil suatu produksi dapat berupa barang dan jasa.
1.2 Bentuk Badan Usaha yang Utama
1. Perusahaan Perseorangan , yaitu perusahaan yang keseluruhannya dimiliki
oleh perseorangan.
2. Persekutuan (Firma dan CV), yaitu perusahaan yang dimiliki oleh dua
orang atau lebih dengan adanya suatu perjanjian yang ada diantara mereka.
3. Perseroan Terbatas , yaitu badan hokum terpisah yang dibentuk
berdasarkan hokum dimana pemiliknya dibagi dalam bentuk saham-saham.
1.3 Garis Besar Perusahaan
Garis Besar perusahaan dapat di
golongkan menjadi :
1. Perusahaan Jasa (service firm) yaitu perusahaan yang kegiatannya
menjual jasa. Contohnya adalah kantor akuntan, kantor pengacara, Salon, dll.
2. Perusahaan Dagang (merchandising firm) yaitu perusahaan yang
kegiatannya membeli barang jadi dan menjualnya kembali tanpa melakukan
pengolahan terhadap barang tersebut. Contohnya Dealer, Toserba, toko
kelontong,dll.
3. Perusahaan Manufaktur/ Pabrik/ Industri (manufacturing firm) yaitu
perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi dan
kemudian menjual barang jadi tersebut. Contohnya adalah pabri sepatu, pabrik
roti, dll.
2.
Bisnis
2.1 Pengertian Bisnis
Bisnis menurut pandangan ekonomi adalah sebuah organisasi dengan tujuan menjual
barang dan jasa kepada pembeli atau usaha lainnya dengan tujuan mendapatkan
laba keuntungan laba keuntungan. Dalam bahasa inggris adalah business dasar
katanya adalah busy yang yang dalam bahasa indonesianya adalah sibuk. Sehingga
bisnis dapat diartikan menjadi seseorang atau banyak orang yang mengerjakan
sebuah pekerjaan atau kesibukan yang mendatangkan keuntungan.
Bisnis dalam pandangan etimologi adalah dimana sebuah organisasi yang sibuk
bekerja untuk menghasilkan keutungan. Ada tiga penggunaan yang dipakai pada
kata bisnis sesuai dengan tujuan dan harapannya masing-masing, yang pertama
bisnis bisa dipandang adalah sebuah badan usaha, yang kedua bisnis bias
dipandang hanya sebagai ekonomis, dan yang ketiga bisnis bisa dipandangkan di
sector pasar.
2.2 Jenis-jenis Bisnis
1. Monopsoni
Bisnis monopsoni ialah suatu keadaan dimana satu pelaku usaha sedang menguasai
penerimaan suatu pasokan atau menjadikan pembeli tunggal dari jasa dan barang
didalam suatu pasar komoditas. Bisnis monopsoni ini sering terjadi dan terdapat
di daerah industri dan perkebunan, sehingga posisi untuk tawar menawar didalam
harga buat petani ialah nonsen.
2. Monopoli
Monopoli berasal dari bahasa yunani yaitu monos adalah satu polein yang artinya
menjual. Monopoli merupakan salah satu bentuk pasar yang hanya ada penjual
tunggal. Untuk menentukan hatga penjualn atau harga pasar tersebut adalah
penjual tunggal yang disebut dengan monopolis.
Sebagai penetu harga jual atau beli pasar (price-maker), pelaku monopolis bisa
menurunkan atau menaikan harga menggunakan cara menentukan jumlah besarnya
produksi. Bila produksi yang di keluarkan sedikit maka harga yang di tentukan
akan semakin mahal dan sebaliknya apabila produksi yang di keluarkan semakin
banyak maka harga yang akan ditentukan semakin murah.
3. Oligopoli
Oligopoly merupakan pasar yang dimana sebuah penawaran satu tipe barang yang
dikuasai beberapa perusahaan. Pada umumnya jumlah dari perusahaan lebih dari 2
namun kurang dari 10.
Di dalam pasar Oligopoli, distiap perusahaan memposisikan sebagai salah satu
bagian yang terkait oleh permainan pasar, dimana sebuah laba yang mereka
dapatkan tergantung dari pesaing mereka. Sehingga seluruh produk terbaru akan
di promosikan melalui iklan hanya untuk mengenalkan sebuah produk terbaru
mereka.
4. Oligopsoni
Oligopsoni merupakan suatu keadaan dimana dua atau lebih seorang pelaku usaha
yang dimana menguasai penerimaan sebuah pasukan atau menjadikan pembeli tunggal
atas jasa dan barang didalam pasar komoditas.
2.3 Lingkungan Bisnis
1. Lingkungan mikro , yaitu mencakup aspek kegiatan perusahaan dimana
kegiatan lingkungan mikro meliputi : manajemen keuangan, manajemen operasional,
manajemen pemasaran.
2. Lingkungan ekternal mikro
- Konsumen : berperan penting terhadap keberadaan suatu perusahaan, menciptakan
sebuah produk ditujukan untuk konsumen, sehingga terlihat jelas pengaruh dan
kesinambungan.
- Pesaing : keberadaan pesaing dapat menimbulkan peluang serta ancaman bagi
peusahaan.
- Supplier : perusahaan melakukan proses produksi dengan menggunakan berbagai
bahan baku yang didapatkan dari pemasok. Kelancaran aktifitas sangat bergantung
pada keberadaan pemasok .
3. Ruang eksternal makro
a. Faktor ekonomi : siklus ekonomi, gejala inflasi dan deflasi,
kebijakan moneter, neraca pembayaran
b. Faktor Teknologi : perubahan teknologi membawa memengaruh terhadap
perkembangan perusahaan diantaranya dalam pelaksanaan operasional perusahaan
dengan mengggunakan mesin teknologi terbaru serta dalam pelaksanaan promosi.
c. Faktor pemerintah : perubahan-perubahan kebijakan
pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dan merupakan peluang bagi
perusahaan dan dapat pula hambatan.
d. Faktor sosial : sosial adalah kebiasaan dan nilai-nilai sosial
lingkungan masyarakat, khusunya langganan dan karyawan.
e. Faktor politik : kekuatan politik dan pebedaan ideologi
3.
Kesimpulan
Pertumbuhan perusahaan sangat terpengaruh oleh bisnis, terutama lingkungan
bisnis. Lingkungan tersebut mencakup lingkungan umum (makro) dan lingkungan
khusus (mikro). Dari masing-masing lingkungan tersebut memiliki faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi perusahaan.
Sumber
:
Chalouiss.blogspot.in/2012/09/pengertian-dan-bentuk-perusahaan-atau.html?m=1
www.perpustakaandigital.net/2014/07/pengertian-bisnis.html?m=1
Deni28.blogspot.com/2011/09/pengaruh-lingkungan-bisnis-terhadap.html?m=1
Sitirahmawatii.blogspot.in//2011/09/pengaruh-lingkungan-bisnis-terhadap.html?m=1
Komentar
Posting Komentar