Keterkaitan antara Perusahaan dengan Bisnis
1. Perusahaan
Pengertian Perusahaan
Perusahaan
adalah organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau
badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi
kebutuhan ekonomis manusia. Kegiatan produksi dan distribusi dilakukan dengan
menggabungkan berbagai factor produksi, yaitu manusia,alam dan modal. Kegiatan
produksi dan distribusi umumnya dilakukan untuk memperoleh laba. Namun, ada
juga kegiatan produksi yang tujuannya bukan untuk mencari laba. Seperti yayasan
sosial, keagamaan, dll. Hasil suatu produksi dapat berupa barang dan jasa.
Bentuk Badan Usaha yang Utama
1. Perusahaan Perseorangan , yaitu
perusahaan yang keseluruhannya dimiliki oleh perseorangan.
2. Persekutuan (Firma dan CV), yaitu
perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih dengan adanya suatu
perjanjian yang ada diantara mereka.
3. Perseroan Terbatas , yaitu badan
hokum terpisah yang dibentuk berdasarkan hokum dimana pemiliknya dibagi dalam
bentuk saham-saham.
Garis
Besar Perusahaan
Garis Besar perusahaan dapat di golongkan menjadi :
1. Perusahaan Jasa (service firm) yaitu
perusahaan yang kegiatannya menjual jasa. Contohnya adalah kantor akuntan,
kantor pengacara, Salon, dll.
2. Perusahaan Dagang (merchandising firm)
yaitu perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi dan menjualnya kembali
tanpa melakukan pengolahan terhadap barang tersebut. Contohnya Dealer,
Toserba, toko kelontong,dll.
3. Perusahaan Manufaktur/ Pabrik/ Industri
(manufacturing firm) yaitu perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku
menjadi barang jadi dan kemudian menjual barang jadi tersebut. Contohnya adalah
pabri sepatu, pabrik roti, dll.
2. Bisnis
Pengertian
Bisnis
Bisnis
menurut pandangan ekonomi adalah sebuah organisasi dengan tujuan menjual barang
dan jasa kepada pembeli atau usaha lainnya dengan tujuan mendapatkan laba
keuntungan laba keuntungan. Dalam bahasa inggris adalah business dasar katanya
adalah busy yang yang dalam bahasa indonesianya adalah sibuk. Sehingga bisnis
dapat diartikan menjadi seseorang atau banyak orang yang mengerjakan sebuah
pekerjaan atau kesibukan yang mendatangkan keuntungan.
Bisnis
dalam pandangan etimologi adalah dimana sebuah organisasi yang sibuk bekerja
untuk menghasilkan keutungan. Ada tiga penggunaan yang dipakai pada kata bisnis
sesuai dengan tujuan dan harapannya masing-masing, yang pertama bisnis bisa
dipandang adalah sebuah badan usaha, yang kedua bisnis bias dipandang hanya
sebagai ekonomis, dan yang ketiga bisnis bisa dipandangkan di sector pasar.
Jenis-jenis Bisnis
1. Monopsoni
Bisnis
monopsoni ialah suatu keadaan dimana satu pelaku usaha sedang menguasai
penerimaan suatu pasokan atau menjadikan pembeli tunggal dari jasa dan barang
didalam suatu pasar komoditas. Bisnis monopsoni ini sering terjadi dan terdapat
di daerah industri dan perkebunan, sehingga posisi untuk tawar menawar didalam
harga buat petani ialah nonsen.
2. Monopoli
Monopoli berasal dari bahasa yunani yaitu monos
adalah satu polein yang artinya menjual. Monopoli merupakan salah satu bentuk
pasar yang hanya ada penjual tunggal. Untuk menentukan hatga penjualn atau
harga pasar tersebut adalah penjual tunggal yang disebut dengan monopolis.
Sebagai penetu harga jual atau beli pasar
(price-maker), pelaku monopolis bisa menurunkan atau menaikan harga menggunakan
cara menentukan jumlah besarnya produksi. Bila produksi yang di keluarkan
sedikit maka harga yang di tentukan akan semakin mahal dan sebaliknya apabila
produksi yang di keluarkan semakin banyak maka harga yang akan ditentukan
semakin murah.
3. Oligopoli
Oligopoly merupakan pasar yang dimana sebuah
penawaran satu tipe barang yang dikuasai beberapa perusahaan. Pada umumnya
jumlah dari perusahaan lebih dari 2 namun kurang dari 10.
Di dalam pasar Oligopoli, distiap perusahaan
memposisikan sebagai salah satu bagian yang terkait oleh permainan pasar,
dimana sebuah laba yang mereka dapatkan tergantung dari pesaing mereka.
Sehingga seluruh produk terbaru akan di promosikan melalui iklan hanya untuk
mengenalkan sebuah produk terbaru mereka.
4. Oligopsoni
Oligopsoni merupakan suatu keadaan dimana dua
atau lebih seorang pelaku usaha yang dimana menguasai penerimaan sebuah pasukan
atau menjadikan pembeli tunggal atas jasa dan barang didalam pasar komoditas.
Lingkungan Bisnis
1. Lingkungan mikro , yaitu mencakup
aspek kegiatan perusahaan dimana kegiatan lingkungan mikro meliputi : manajemen
keuangan, manajemen operasional, manajemen pemasaran.
2. Lingkungan ekternal mikro
- Konsumen
: berperan penting terhadap keberadaan suatu perusahaan, menciptakan sebuah
produk ditujukan untuk konsumen, sehingga terlihat jelas pengaruh dan
kesinambungan.
- Pesaing :
keberadaan pesaing dapat menimbulkan peluang serta ancaman bagi peusahaan.
- Supplier
: perusahaan melakukan proses produksi dengan menggunakan berbagai bahan baku
yang didapatkan dari pemasok. Kelancaran aktifitas sangat bergantung pada
keberadaan pemasok .
3. Ruang eksternal makro
a. Faktor ekonomi : siklus
ekonomi, gejala inflasi dan deflasi, kebijakan moneter, neraca pembayaran
b. Faktor Teknologi : perubahan
teknologi membawa memengaruh terhadap perkembangan perusahaan diantaranya dalam
pelaksanaan operasional perusahaan dengan mengggunakan mesin teknologi terbaru
serta dalam pelaksanaan promosi.
c. Faktor pemerintah : perubahan-perubahan kebijakan
pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dan merupakan peluang bagi
perusahaan dan dapat pula hambatan.
d. Faktor sosial : sosial adalah
kebiasaan dan nilai-nilai sosial lingkungan masyarakat, khusunya langganan dan
karyawan.
e. Faktor politik : kekuatan politik dan
pebedaan ideologi
3. Kesimpulan
Pertumbuhan perusahaan sangat terpengaruh oleh bisnis, terutama lingkungan
bisnis. Lingkungan tersebut mencakup lingkungan umum (makro) dan lingkungan
khusus (mikro). Dari masing-masing lingkungan tersebut memiliki faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi perusahaan.
Sumber :
Chalouiss.blogspot.in/2012/09/pengertian-dan-bentuk-perusahaan-atau.html?m=1
www.perpustakaandigital.net/2014/07/pengertian-bisnis.html?m=1
Deni28.blogspot.com/2011/09/pengaruh-lingkungan-bisnis-terhadap.html?m=1
Sitirahmawatii.blogspot.in//2011/09/pengaruh-lingkungan-bisnis-terhadap.html?m=1
Komentar
Posting Komentar