Tugas 3 Softskill
1. Jelaskan
perbedaan antara Bisnis dengan Perusahaan!
Perusahaan adalah organisasi yang didirikan
oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan
produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia, sedangkan
Bisnis menurut
pandangan ekonomi adalah sebuah organisasi dengan tujuan menjual barang dan
jasa kepada pembeli atau usaha lainnya dengan tujuan mendapatkan laba
keuntungan laba keuntungan. Sehingga bisnis dapat diartikan menjadi seseorang
atau banyak orang yang mengerjakan sebuah pekerjaan atau kesibukan yang
mendatangkan keuntungan.
2. Apa
yang dimaksud dengan Franchise?
Dalam bahasa Indonesia, istilah franchise
biasanya dikenal dengan waralaba. Franchise atau waralaba adalah sebuah metode
dalam sistem distribusi barang atau jasa. Metode ini membentuk suatu model
hubungan kerjasama bisnis antara franchisor (pemilik usaha)
dengan franchisee
(pemilik modal/investor).
3. Jelaskan
masing-masing perbedaan mengenai Perusahaan Perseorangan, Firma, CV, PT, BUMN
dan Koperasi!
Perusahaan Perseorangan
Perusahaan
Perseorangan merupakan bentuk badan usaha yang hanya dimiliki oleh satu orang
dan menanggung seluruh resiko secara pribadi. Manajemen perusahaan dikelola
oleh pemilik, bahkan terkadang jabatan-jabatan tertentu seperti direktur,
manajer, atau bahakn sekaligus pelaksa harian di perusahaan tersebut dilakukan
pemilik.
Firma
Firma
adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih
dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada
setiap pamiliknya.
CV
CV
adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua
orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang
berbeda – beda di antara anggotanya.
PT
Perseroan
Terbatas adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hokum resmi yang dimiliki
oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan
tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya.
BUMN
BUMN
adalah badan usaha yang permodalannya seluruhnya atau sebagian dimilikioleh
Pemerintah. Status pegawai badan usaha tersebut adalah karyawan BUMN bukan
pegawai negeri.
Koperasi
Koperasi
merupakan badan usaha yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi
sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
4. Apa
dimaksud dengan Manajemen Pemasaran?
Manajmen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar
yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan
5. Sebutkan 7 variabel Pemasaran (Marketing Mix)!
1. Produk (produksi)
2. Price (harga)
3. Promotion (promosi)
4. Place (tempat)
5. Partisipant (partisipasi)
6. Process (proses)
7. Physical Evidence (bukti fisik)
6. Jelaskan mengenai Manajemen Produksi!
Merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasi kan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
7. Jelaskan
perbedaan antara manajemen Pemasaran dengan manajemen Produksi!
Manajmen
Pemasaran adalah penganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan
menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai
tujuan perusahaan
Manajemen Produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasi kan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
8. Jelaskan hakikat bisnis internasional!
Bisnis internasional merupakan kegiatan
bisnis yang dilakukan melewati batas – batas suatu Negara. Transaksi bisnis
seperti ini merupakan transaksi bisnis internasional yang sering disebut
sebagai Bisnis Internasional (International Trade) ada juga yang menyebutnya
sebagai Pemasaran Internasional atau International Marketing.
Alasan suatu negara melaksanakan bisnis internasional karena sebenarnya tidak
ada satu Negara pun didunia yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan negerinya
dari barang-barang atau produk yang dihasilkan oleh Negara itu sendiri. Hal ini
disebabkan karena terjadinya penyebaran yang tidak merata dari sumber daya baik
dari sumber daya alam modal maupun sumber daya manusia.
9. Jelaskan alasan melakukan Bisnis Internasional!
Suatu negara melakukan perdagangan internasional karena dua alasan utama yang masing-masing menyumbangkan keuntungan perdagangan bagi mereka.
Alasan pertama, negara-negara berdagang karena setiap negara berbeda satu sama lain. Bangsa-bangsa, sebagaimana individu dapat memperoleh keuntungan dari perbedaan-perbedan mereka melalui suatu pengaturan dimana setiap pihak melakukan sesuatu dengan relatif baik.
Alasan kedua, negara-negara berdagang satu sama lain dengan tujuan mencapai skala ekonomis dalam produksi, maksudnya jika setiap negara menghasilkan sejumlah barang tertentu maka mereka dapat menghasilkan barang-barang tersebut dengan skala yang lebih besar dan karenanya lebih efisien dibandingkan jika negara tersebut mencoba untuk memproduksi segala jenis barang.
10. Gambarkan
konsep system Pemasaran!
Konsep
system Pemasaran
Komentar
Posting Komentar